Wisata Air Terjun Dolo, Rute, Akses Jalan, Tiket Masuk, Foto Spot, Penginapan di Area Wisata

Wisata akhir pekan kali ini cekinwisata akan menuju ke kota kediri, di sana ada sebuah tempat wisata air terjun yang sangat indah. Wisata Air Terjun Dolo merupakan salah satu air terjun yang paling indah di kabupaten kediri.  Air terjun Dolo terletak di kawasan pegunungan, sehingga selain suhu udaranya dingin, seringkali kawasan di sekitar air terjun dan akses jalan menuju ke sana tertutup oleh kabut. Air terjun dengan debit yang cukup kecil terlebih dimusim hujan. Debit air yang dicurahakan air terjun ini tidak terlalu deras, namun memiliki suhu air yang sangat dingin.
Tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi atas tiga bagian, mulai dari bagian yang paling tinggi sekitar 90 meter dan dibawahnya sekitar 2-5 meter.
Air terjunnya bagus, tempatnya rindang, asri, sejuk, dingiiin karena di pedataran tinggi. Cocok banget untuk menikmati alam, masih banyak spot hijau alami. Bisa main air sepuasnya disini, tenang saja, ada toilet umum 2 bilik. Ada 1 warung lesehan yg cukup luas di lokasi utama, menjual berbagai minuman dan makanan hangat. View aliran air dapat terlihat dari sini.  
Beberapa meter dari air terjun, terdapat kebun sayur dan stroberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu.untuk wisatawan yang berkunjung dapat membeli sayuran dan stroberi yang masih segar atau dapat memetiknya sendiri.
Lokasi wisata Telaga Sarangan

Lokasi Alamat Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis(2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (dpl). Air terjun Dolo berjarak 4 meter dari air terjun Irenggolo yang dibatasi oleh banyak pepohonan dan hutan, yang juga masih terletak di kawasan Besuki.

Alamat GPS Tempat Wisata Air Terjun Dolo    

Sesuai dengan Map pada peta alamat GPS Air Terjun Dolo berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri, Jawa Timur 64162
Koordinat GPS Tempat Wisata Air Terjun Dolo
Air Terjun Dolo Terletak pada kordinat 7°52'07.8"S 111°50'06.9"E  -7.868821, 111.835253

Peta Tempat Wisata Air Terjun Dolo 


Rute Menuju Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo bejarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Kediri, dan dapat ditempuh 2 jam dari Pare, Kabupaten Kediri. Untuk menuju ke air terjun Dolo, jika dari pusat Kota Kediri ke arah barat lalu melalui Pohsarang, Kecamatan Semen

Akses jalan Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Untuk mencapai air terjun harus menapaki ratusan anak tangga terlebih dahulu. Lebih dari 1000 anak tangga perlu dilewati untuk mencapai titik Air Terjun Dolo. Capek perjalanan dijamin terbayar tuntas ketika sudah sampai di air terjun. Sepanjang perjalanan anak tangga, pemandangannya sangat alami dan menyejukkan mata. Jangan lupa membawa air minum karena perjalanan akan menguras tenaga. Keindahan air terjun menjadikan lelah hilang seketika

Jalan Menuju Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Jalan menuju air terjun ini sangat mudah dapat menggunakan sepeda motor maupun mobil, namun kendaraan seperti bus agak susah masuk ke area parkir air terjun karena jalannya banyak tikungan dan tanjakan. Saya meyarankan jika mau liburan ke air terjun yang indah ini dan sebaiknya menggunakan motor atau mobil agar mudah sampai ke tujuan.
Nah di air terjun ndolo yang letaknya cukup jauh dari kediri kota dapat ditempuh kurang lebih 1 jam, saat berada disini view yang diberikan sangat indah jadi anda tidak rugi datang jauh" untuk mengunjungi air terjun yang satu ini, tapi bila kalian mau ke lokasi kalian harus menempuh jarak 1,5km menuruni tangga apabila ingin melihat indahnya air terjun ini cukup melelahkan juga kan tapi perjuangan kalian tidak akan sia" setelah melihat keindahan air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Setiap pengunjung yang ingin memasuki wisata Air terjun Dolo di kenakan Tiket Msuk Sepersa Rp, 3.000, / orang . Harga tiket ini mungkin bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

Promo Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Untuk mendapatkan promo Tiket Masuk  Anda bisa menanyakan langsung ke bagian petugas pengelola wisata Air Terjun Dolo

Fasilitas yang ada di Objek Wisata Air Terjun Dolo

Objek wisata air terjun Dolo memiliki beberapa fasilitas pendukung untuk para pengunjungnya, seperti warung makan atau kantin dan mushola serta Toilet.Selain itu di sekitar kawasan air terjun juga menyediakan fasilitas untuk tempat olahraga lari pagi (jogging track) dan mendaki (hiking area). Disini juga terdapat taman bermain (play ground) dan tempat perkemahan (camping ground) untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda.

Penginapan dekat Tempat Wisata Air Terjun Dolo

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam lebih nyaman, mereka bisa menginap di beberapa villa yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun yang berjarak sekitar 4 kilometer.
HotelHarga Mulai
Swaloh Hill ResortRp349.414,00
Swaloh Resort & SpaRp350.000,00
Coconut HotelRp182.250,00
Crown Victoria HotelRp491.934,00
Narita Hotel TulungagungRp449.346,00
Hotel IstanaRp500.000,00
Lotus Garden HotelRp365.866,00
Hotel Merdeka KediriRp444.700,00
Airy Syariah Mojoroto Semeru 74 KediriRp233.510,00
Grand Surya Hotel Kediri Rp799.567,00
Selopanggung Hotel, Resort & WisataRp. -
Hotel Insumo Palace Rp375.001,00
Hotel Mitra Inn Rp297.647,00
Citihub Hotel @KediriRp399.000,00
Bukit Daun Hotel & ResortRp. -

Parkiran yang ada lumayan luas dan dapat menampung puluhan sepeda motor dan mobil. Di area parkir ini ada mushola dan ada beberapa warung yang menyediakan makanan maupun minuman dan harganya pun lumayan terjangkau. Di area parkir ini udaranya sejuk, sebelum melakukan perjalanan menuju air terjun ada dapat beristirahat terlebih dahulu di warung-warung yang ada di sekitar parkiran karena perjalanan menuju ke air terjun tidak dapat dijangkau menggunakan kendaraan dan harus ditempuh dengan jalan kaki, saya sarankan anda kesini dalam keadaan fit. 
Dari area parkir menuju air terjun anda akan dihadapkan dengan ratusan anak tangga dan anda dapat menuju air terjun kira kira 15-45 menit. Di perjalanan ada beberapa warung namun di hari hari bisa warung tersebut tutup, sesampai dibawah anda akan melihat betapa indahnya air terjun dan capek anda akan terbayar setelah melihat air terjun ini. Di area air terjun ada toilet dan warung, anda dapat menikmati susana air terjun sembari membeli sesuatu di warung. Terakhir ada harus menyiapkan tenaga ekstra untuk naik ke parkiran, karena naik akan lebih lama dan melelahkan, anda dapat naik ke atas kira kira 60-90 menit. Itu saran dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf, terimakasih.
Namun tidak di rekomendasikan untuk bapak ibu lansia atau berkebutuhan khusus. Karena akses dari parkiran s/d lokasi utama sangat jauh, dan harus jalan kaki meskipun jalannya sudah berupa tangga. Hati-hati jalan licin berbatu. Perjalanan kaki bisa terhitung 3 km an karena tangganya mengular. Tapi jangan khawatir, ada beberapa warung yg bisa anda temui selama di perjalanan turun/naik untuk tempat istirahat atau sekedar beli minuman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel