Lokasi Rute Wisata Taman Nasional Bunaken dan Tiket Masuk

Lokasi Rute Wisata Taman Nasional Bunaken dan Tiket Masuk - Taman nasional bukan tidak semua berada di pegunungan atau daratan, contohnya Taman Nasional Bunaken yang berara di perairan laut Sulawesi Utara. Taman Laut Nasional Bunaken mempunyai area dengan luas 75.265 ha. Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam Taman Nasional Bunaken ini yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya. Dan jumlah penduduk yang ada di kelima pulau tersebut sekitar 21.000 orang.
Wisata Taman Nasional Bunaken

Secara geografis Pulau Bunaken termasuk dalam wilayah perairan “Segi Tiga Emas“. Lebih dari sekitar 3000-an spesies ikan berada di Bunaken. Wilayah “Segi Tiga Emas” adalah jalur perairan laut yang menghubungkan laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Karena kekayaan alam yang berada di Bunaken, organisasi nasional dan internasional non pemerintah saling bekerja sama dalam menjalankan konservasi terumbu karang dan mangrove.
Pemerintah Kota Manado mempunyai gagasan menjadikan Bunaken sebagai obyek wisata bahari dan wisata edukasi, karena pemerintah setempat melihat aktivitas konservasi alam laut di wilayah ini. Maka dari itu kawasan Pulau Bunaken pada 1991 silam, Menteri Kelautan meresmikannya sebagai Taman Laut Nasional Bunaken.

Keindahan Taman Nasional Bunaken 

Taman Nasional mempunyai keindahan Laut yang sangat mempesona untuk bisa dinikmati bersama keluarga. Keindahan pemandangan laut dan pantainya masih sangat alami dari perahu ber kaca bisa melihat jelas  ikan didalam laut. Tempat ini sangat bagus untuk snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang indah dihiasi ikan yang bagus dan unik. Taman Nasional Bunaken sangat kaya akan ekosistem terumbu karang dalam laut yang sangat indah. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang di wilayah ini. Spesies alga yang dapat ditemui di Taman Nasional Bunaken adalah Caulerpa, Halimeda dan Padina, sementara spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides, dan Thalassaodendron ciliatum. Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Sekitar 90 spesies ikan tinggal di perairan wilayah ini.

Taman Laut Bunaken sudah terkenal keindahannya, bila Anda ingin melakukan penyelaman atau diving bagi pemula dibutuhkan biaya sewa peralatan lengkap seperti pakaian selam dan peralatan menyelam termasuk scuba sekitar Rp 1 juta per orang untuk waktu 3 jam menyelam. Didalam laut Anda bisa melakukan berfoto sebagai kenang-kenangan di dasar laut. Sewa perahu secara pribadi dari Manado ke Bunaken sekitar Rp 1 juta (pp/keliling/antar dan jemput, maks ditumpangi 8 org). Biaya sebesar itu akan impas dan memuaskan bagi Anda yang hobi diving.

Pasilitas Wisata Taman Nasional Bunaken

Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata Taman Nasional Bunaken tidak perlu khawatir akan pasilitas yang telah di sediakan di lokasi tersebut seperti

  • Perahu Antar jemput
  • Penginaan atau Hotel
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat makan 
  • dana masih banyak lagi.

Lokasi Rute Wisata Taman Nasional Bunaken

Untuk menuju ke lokasi wisata Taman Nasional Bunaken yang berada di luar pulau Sulawesi Tentu harus menggunakan Pesawat terbang dengan Rute Langsung penerbangan Medan Kota Manado / bandara Sam Ratulangi. Dari Bandara bisa langsung minta di anatr ke pelabuhan wisata menuju pulau Bunaken. Untuk Anda yang ingin bersantai dulu keliling kota manado bisa mencari Hotel yang  dekat pelabuhan Wisata, salah satu namanya hotel Celebes, nanti di hotel Celebes, minta tolong kurir hotel, untuk di antar ke pelabuhan Wisata menuju pulau bunaken, Siladen , Nain dari sana hanya jalan kaki dari hotel ke Pelabuhan Wisatanya. 
Setelah menuju pelabuhan Akan ada banyak yang menawarkan untuk naik kapal Air menuju tempat wisata Taman Nasional Bunaken.
Bagi yang ingin belum tau lokasi bisa mengunkan google map dengan kata mnuliskan Taman Nasional Bunaken hasilnya seperti di bawah ini

Peta Lokasi Taman Nasional Bunaken



Harga Tiket Masuk Wisata Taman Nasional Bunaken

Harga Perahu Publik / carteran harganya bervariasi tergantung dari ukuran perahu dan jumlah kapasitas kursi yang ada. Harganya memang bervariasi di kisaran Rp. 150.000 - Rp. 500.000 (one way ticket).

Nah setelah kita masuk taman nasional bunaken (pulau bunaken ini) kita akan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 50.000. untuk hari biasa dan Rp. 100.000 untuk hari libur

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel